15 Pilot Raih Sertifikat Awaki Pesawat Tempur EMB 314 Super Tucano

Pilot EMB 314 Super Tucano
Pilot EMB 314 Super Tucano

Sebanyak 15 orang pilot tempur EMB 314 Super Tucano dari Skadron 21 Abdulrachman Saleh Malang mendapat brevet advance flight training dari Embraer Brazil. Para penerbang tersebut dianggap mahir dalam mengawaki pesawat produksi Embrayer Brasil ini.
Penyerahan brevet dilaksanakan oleh Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Marsma TNI H RM DJoko Senoputro, kepada perwakilan Danskadron 21, Letkol Pnb Dedi Iskandar. Turut menyaksikan penyematan brevet , perwakilan Embrayer Brasil, Mr Vierra.
"Brevet diberikan kepada 15 pilot Skadron 21 karena telah mencapai 40 jam terbang bersama instruktur dari Embraer Brasil," kata DJoko Senoputro di Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Selasa (29/11).
Seno berharap dari pemberian brevet tersebut akan menambahkan motivasi dan semangat untuk memberikan terbaik pada TNI AU dan bangsa Indonesia.
EMB-314 Super Tucano pesawat tempur serang darat adalah versi yang disempurnakan dari pesawat latih EMB-312 Tucano. Spesifikasi Embraer EMB-314 Super Tucano mempunyai fitur yang lebih canggih dari EMB-312 Tucano. Kelebihannya pada kecepatan dan kemampuan terbang yang lebih tinggi.
EMB-312 Tucano sendiri sebelumnya telah beroperasi di 17 angkatan udara di dunia. Prototipe dari Super Tucano terbang pertama kali pada tahun 1992.
Kedua pesawat tempur serang darat EMB-312 Tucano dan EMB-314 Super Tucano dibuat oleh perusahaan dirgantara Brazil, Embraer. Indonesia sendiri mempunyai 15 pesawat Super Tucano yang semuanya berada di Lanud Abdulrachman Saleh Malang.
Sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/15-pilot-raih-sertifikat-awaki-pesawat-tempur-emb-314-super-tucano.html

Tank Disita China, Singapura Tak Ambil Pusing

Terrex Singapura
Terrex Singapura

Singapura tidak mempermasalahkan dampak penyitaan sembilan tank pembawa personel oleh otoritas China di Hong Kong.
Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan, Selasa (29/11), mengatakan penyitaan itu "bukan insiden strategis."
"Saya tidak akan bereaksi berlebihan. Kami berharap penyedia layanan komersial untuk menaati hukum," kata Balakrishnan dikutip Straits Times.
Dia mengatakan masing-masing negara memahami hubungan antar kedua negara bersifat "tahan lama, beraneka dan saling menguntungkan."
Walau demikian, dia mengakui kejadian ini menjadi catatan terkait masalah ketaatan pada hukum.
Sembilan tank tersebut disita otoritas China dalam perjalanan melalui Hong Kong dari Taiwan.
Negara tirai bambu memprotes keberadaan tank itu karena Taiwan dianggap sebagai provinsi yang melepaskan diri dari kekuasaannya.
Pada Senin (28/11), pemerintah China secara resmi mengajukan protes akan keberadaan tank tersebut dan meminta Singapura mematuhi hukum berlaku di Hong Kong.
Hubungan antara kedua negara meregang beberapa bulan belakangan ini, terutama karena sengketa Laut China Selatan.
Sementara Taiwan diketahui adalah rekan Singapura dalam hal militer sejak era 1970-an. Negara tersebut juga kerap mengadakan pelatihan militer di Taiwan.
Sumber : http://www.cnnindonesia.com/internasional/20161129135415-113-176050/tank-disita-china-singapura-tak-ambil-pusing/

Taiwan Kerahkan Delapan Kapal Perang dan Tiga Pesawat Tempur ke Laut Cina Selatan

Latihan SAR Taiwan
Latihan SAR Taiwan

Taiwan menggelar latihan pencarian dan penyelamatan (SAR) di Laut Cina Selatan, Selasa (29/11/2016).
Hal itu dilakukan sebagai bagian upaya untuk memperkuat klaimnya atas sebuah pulau penting di perairan vital dan strategis itu.
Delapan kapal dan tiga pesawat terbang mengambil bagian dalam latihan itu, seperti dilaporkan Associated Press, Selasa ini.
Kapal penjaga pantai dan kapal Angkatan Laut terlibat dalam latihan yang digelar di dekat Pulau Taiping, di gugus Kepulauan Stratly.
Latihan itu termasuk simulasi kebakaran di atas satu kapal barang sehingga memaksa para awak kapal berusaha menyelamatkan diri di Taiping.
Kepala Staf Penjaga Pantai Taiwan, Lee Chung-wei, mengatakan kepada para wartawan di Taiping bahwa kedaulatan Taiwan atas pulau itu “tidak terbantahkan.”
“Tujuan latihan ini adalah untuk memberitahu masyarakat internasional bahwa kami ... ingin mempertahankan perdamaian di wilayah ini dan menghindari perselisihan," kata Lee.
Dalam beberapa tahun terakhir, saingan utama Taiwan, yakni China, telah secara agresif memperkuat klaimnya atas hampir seluruh Laut Cina Selatan sehingga terlibat konflik yang tajam dengan Vietnam dan Filipina.
Malaysia dan Brunei juga terlibat dalam klaim teritori Laut Cina Selatan.
Indonesia telah semakin tegas dalam membela zona ekonomi eksklusifnya yang meliputi wilayah kaya ikan dan sumber daya mineral di sekitar Natuna.
Sumber : http://batam.tribunnews.com/2016/11/30/taiwan-kerahkan-delapan-kapal-perang-dan-tiga-pesawat-tempur-ke-laut-cina-selatan-ada-apa

Bolehkah Atribut “TNI” Tertempel di Pelat Nomor Kendaraan?

Atribut “TNI” Tertempel di Pelat Nomor Kendaraan
Atribut “TNI” Tertempel di Pelat Nomor Kendaraan

Berbagai macam perilaku pemilik kendaraan bermotor roda empat maupun di jalan kerap ditemukan, salah satunya memasang stiker bernuansa “militer” khususnya TNI, di bagian pelat nomor (tanda nomor kendaraan bermotor/TNKB). Apa itu diperbolehkan?

Memang jika mengacu pada undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UULLAJ) dan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkapolri) Nomor 5 Tahun 2012, tidak disebut secara terperinci mengenai hal ini.
Dalam UULLAJ pada pasal 68 ayat 3, hanya disebut TNKB memuat kode wilayah, nomor registrasi, dan masa berlaku. Kemudian pada ayat 4, TNKB harus memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna, dan cara pemasangan.
Lalu pada Perkapolri Nomor 5 pada pasal 39, TNKB dibuat dari bahan yang mempunyai unsur-unsur pengaman sesuai spesifikasi teknis. Unsur-unsur pengaman berupa logo lantas dan pengaman lain yang berfungsi sebagai penjamin legalitas TNKB.
Namun, AKBP Budianto, Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya dalam wawancaranya dengan KompasOtomotif Februari lalu, menyebutkan beberapa hal yang membuat TNKB tidak sesuai aturan, yang salah satunya memperjelas kalau pemasangan logo seperti itu tidak diperbolehkan.
"Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan dan tidak dipasangi pelat nomor sesuai dengan yang ditentukan polisi, maka akan ditindak,” ujar Budianto, Senin (15/2/2016).
Edo Rusyanto, koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) mengiyakan kalau saat terjadi razia, petugas kepolisian kerap mencopot atribut yang menempel pada TNKB.
“Penggunaan stiker yang bukan semestinya, lebih mencerminkan gengsi tertentu, atau, hendak memperoleh prioritas. Hendaknya kendaraan tidak menggunakan aksesoris yang tidak berlebihan. Khusus TNKB, sebaiknya memakai bawaan dari sang penerbit,” ujar Edo, Selasa (29/11/2016).
Sumber : http://lampung.tribunnews.com/2016/11/30/atribut-tni-tertempel-di-pelat-nomor-kendaraan-bolehkah

Sejarah 30-11-1939: Uni Soviet Invasi Finlandia

 Uni Soviet Invasi Finlandia
 Uni Soviet Invasi Finlandia

Hari ini, 77 tahun silam. Pasukan Uni Soviet mengerahkan 465 ribu personel Angkatan Darat dan 1.000 personel Angkatan Udara untuk merebut Finlandia pada Perang Dunia II.

Niatan ini, agar salah satu negeri Skandinavia itu tidak jatuh ke tangan Nazi Jerman. Soviet melintasi perbatasan Rusia-Finlandia dan langsung melakukan serangan sporadis.
Mengutip situs History, Rabu 30 November 2016, Helsinki, ibu kota Finlandia, dihujani bom yang menyebabkan 61 warga sipil terbunuh, termasuk ibu-ibu memegang bayi mati dan para gadis yang lumpuh.
Seluruh pasukan Soviet disiapkan untuk merebut Finlandia yang sebagian besar wilayahnya masuk ke Eropa Barat. Dalam serangan tersebut, para prajurit Soviet, bahkan mengenakan baju musim panas, meskipun faktanya memasuki awal musim dingin.
Hal ini dimaksudkan, agar Finalndia berasumsi bahwa di luar sana tidak akan ada peperangan yang mungkin direncanakan Soviet. Meski akhirnya, perlawanan muncul dari sejumlah kecil tentara Finlandia yang hanya dilatih untuk berselancar salju dan sepeda.
Mereka mencoba melawan pasukan Uni Soviet dari dalam hutan, melemparkan bom molotov ke dalam menara tank Soviet, atau menolak untuk menyiarkan berita utama ke seluruh dunia.
Namun, pada Maret 1940, negosiasi antara Soviet dan Finlandia dimulai. Akhirnya, Finlandia harus merelakan hilangnya 'Karelian Isthmus', negeri yang memberikan akses ke Leningrad yang sangat diinginkan Soviet untuk dikuasai. (asp).
Sumber : http://dunia.news.viva.co.id/news/read/853892-30-11-1939-uni-soviet-invasi-finlandia

Reputasi Myanmar Dipertaruhkan dalam Konflik Rohingya

Aung San Suu Kyi
Aung San Suu Kyi

Reputasi pemerintah Myanmar di mata dunia tengah dipertaruhkan akibat konflik di negara bagian Rakhine. Pendapat tersebut dikemukakan oleh Penasihat Khusus PBB untuk Mencegah Genosia Adama Dieng.
“Dugaan genosida harus diverifikasi dengan cepat dan pemerintah Myanmar harus memberikan akses ke area tersebut. Jika benar, maka nyawa ribuan orang di ujung tanduk. Reputasi Myanmar, pemerintahan yang baru terbentuk, dan pasukan militer dipertaruhkan,” tutur pria asal Senegal itu, seperti dimuat Reuters, Rabu (30/11/2016).
“Pemerintah Myanmar harus menunjukkan komitmen mereka kepada supremasi hukum dan hak asasi manusia (HAM) semua warganya tanpa terkecuali. Tuduhan serius tersebut tidak bisa diabaikan atau tidak diteliti secara mendalam,” sambung pria berusia 66 tahun itu.
Konflik di negara bagian Rakhine membuat ribuan Muslim Rohingya melarikan diri ke perbatasan dengan Bangladesh di tengah adanya dugaan penyiksaan oleh pasukan keamanan. Krisis tersebut merupakan tantangan besar terhadap sang pemenang Nobel Perdamaian dan pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi.
Tentara Myanmar dilipatgandakan kehadirannya di sepanjang perbatasan dengan Bangladesh usai serangan terencana ke tiga pos penjagaan pada 9 Oktober 2016. Serangan tersebut menewaskan sembilan petugas kepolisian. Militer dan pemerintah Myanmar menolak segala tuduhan dari Muslim Rohingya dan aktivis HAM bahwa mereka memperkosa, membakar rumah, dan membunuh warga sipil selama operasi di Rakhine.
“Pemerintah butuh, sekali dan untuk selamanya, menemukan solusi berkelanjutan atas situasi Muslim Rohingya serta umat agama dan etnis minoritas lainnya di Myanmar. Solusi harus memenuhi standar HAM internasional di mana pemerintah telah berjanji untuk memenuhinya,” tutup Adama Dieng.
Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/11/30/18/1554765/reputasi-myanmar-dipertaruhkan-dalam-konflik-rohingya

Misteri Kehidupan Ghilad Syalith, 5 Tahun Menjadi Tahanan Hamas

Pejuang Hamas Palestina
Pejuang Hamas Palestina

Untuk pertama kalinya, Koran Maariv Israel mengungkapkan kesaksian Ghilad Syalith, salah seorang prajurit Israel yang menjadi tahanan pejuang Palestina (Hamas) selama lima tahun di jalur Gaza.
Syalith mengatakan, bagaimana keadaan dirinya secara detail sehari-hari ditawan pejuang Palestina. Dia menyebut, penahanannya berpindah dari tempat yang satu ke tempat lainnya, dari terowongan yang satu ke terowongan lainnya, apa yang dia makan, apa yang dilakukan dan apa yang terjadi selama di Gaza.
Menurut pengamat militer Israel, Ben Kasbit, seperti dilansir suarapalestina.id, hari ini, kasus Ghilat Syalith ini adalah bentuk kegagalan intelijen dan pemerintah Israel mencari jejak Gilath Syalith lebih dari lima tahun. Bahkan Syalith pulang dalam keadaan sehat dan selamat.
"Ghilat Syalith itu orangnya menutup diri (introvert), lembut dan sensitif, dia tidak pantas disebut pahlawan, meskipun panglima angkatan darat Israel pada waktu itu komandan lapangan yang bertugas mengawal Syalith sampai ke tujuan," katanya.
Ketika ditawan Hamas, kulit Syalith tidak tergores sedikitpun. Ini karena, Hamas tidak pernah menyiksanya, apalagi dikabarkan di media bahwa Syalith telah terbunuh. "Israel membohongi dunia lebih dari lima tahun, Syalith menjadi ikon 'kepahlawanan' bagi rakyat Palestina. Ini pukulan telak buat Israel," ujarnya lagi.
Yang menjadi masalah, Syalith selama 'ditawan' di Gaza, hanya soal makanan. Apa yang dimakan mujahidin itulah yang dimakan oleh Gilad Syalith, sehingga berat badannya turun drastis selama di Gaza.
Suatu hari, Ghilad Syalith makan bersama keluarga mujahidin di Khan Yunus Gaza, menikmati pemandangan dari atas apartemen melihat lautan, persis seperti sedang menikmati liburan musim panas. Padahal, statusnya sebagai 'tawanan'.
Kehidupannya dengan mujahidin juga tidak terlalu dekat, hanya beberapa kali saja Syalith ditanya tentang keunggulan tank “mirkava” milik Israel.
Sumber : http://www.republika.co.id/berita/internasional/palestina-israel/16/11/29/oheso1396-misteri-kehidupan-ghilad-syalith-5-tahun-menjadi-tahanan-hamas

Kasau: TNI Angkatan Udara Dibangun untuk Menjadi Kekuatan Inti 'National Air Power'

Marsekal TNI Agus Supriatna
Marsekal TNI Agus Supriatna

TNI Angkatan Udara dibangun menjadi kekuatan inti “National Air Power”, yang merupakan elemen dari kekuatan nasional.
Elemen nasional sendiri merupakan gabungan dari semua kekuatan yang dimiliki suatu negara, baik sektor politik, industri teknologi, diplomasi maupun ekonomi dan budaya.
Demikian dikatakan Kasau Marsekal TNI Agus Supriatna dalam ceramahnya dihadapan 140 Pasis Dikreg XLIII Sesko TNI TA 2016 di Ksatrian Sesko TNI Bandung. Selasa (29/11). Sesko TNI Dikreg XLIII diikuti 47 Pasia TNI AD, 46 Pasis TNI AL, 43 Pasis TNI AU dan 4 Pasis Polri,serta 6 Pasis Tamu Manca negara.
Dikatakan, setiap upaya memperkuat pertahanan suatu negara tak terpisahkan dari pemahaman mengenai dinamika lingkungan strategis (Lingstra) yang ada, baik pada tataran global, regional maupun nasional.
Kecenderungan global masih sangat kuat terkait proses globalisasi, keamanan energi (Energy Security), kecepatan perubahan dalam kecanggihan teknologi termasuk didalamnya teknologi siber (cybertechnology).
Hal lain yang ada sampai saat ini yaitu masih berkembangnya konflik interstate dan intrastate, terorisme, dan perubahan perimbangan kekuatan dunia.
Kecenderungan utama tersebut membuat lingkungan strategis di dunia semakin kompleks dan ikut mempengaruhi persepsi-persepsi ancaman.
Pada tataran lingkungan strategis regional, hal ini ditandai semakin besarnya persaingan kepentingan antara Amerika Serikat dan Cina di kawasan Asia.
Kebangkitan Korea Selatan, Jepang dan India dari sisi militer dan ekonomi juga semakin mengubah dinamika lingkungan strategis di kawasan.
Disisi lain, ungkap Kasau, Kondisi lingstra di Asia Tenggara masih diwarnai dengan isu stabilitas keamanan dan ekonomi regional, dengan dibukanya ASEAN Economic Community (AEC) telah membawa dinamika yang sangat besar dalam hubungan antar negara di wilayah ini, terutama dalam aspek ekonomi.
Pada isu keamanan, kasus Laut Tiongkok Selatan (LTS) merupakan contoh yang paling nyata bahwa persoalan teritorial di kawasan masih menjadi sumber konflik yang berdampak strategis bagi negara-negara di kawasan.
Untuk itu, perlu adanya pelibatan system pertahanan negara yang terintegrasi satu sama lain dan kerjasama pertahanan yang baik anta stakeholders.
Integrasi pengamanan dan pertahanan ketiga matra harus dilakukan dengan baik, serta kebijakan pemerintah untuk membangun Indonesia menjadi poros maritime dunia mutlak membutuhkan kekuatan udara yang handal, jelas Kasau.
Kemampuan negara untuk melakukan pengembangan teknologi, tidak terlepas dari Revolution in Military Affair. Revolusi ini juga menyebabkan tekanan untuk mentrasformasi doktrin perang agar sesuai dengan teknologi yang dimiliki saat ini.
Dalam membangun pertahanan udara, diperlukan teknologi yang dapat menjamin kedaulatan negara serta kemampuan dalam memberikan penangkalan melaui udara.
Kemampuan teknologi kekuatan udara kedepan harus memiliki lima misi utama yaitu Air and Space Superiority, Intelligence, Surveillance and Reconnaissance, Rapid Global Mobility, Global strike, dan Command and Control.
Lima misi utama tersebut merupakan gabungan dari kemajuan teknologi sekaligus strategi kekuatan udara yang dapat menjadi kekuatan handal.
Untuk itu diperlukan kekuatan udara yang meliputi pengembangan teknologi yang dapat mendukung kekuatan udara tersebut meliputi Unhabited Air Vehicle (UAV), Air and Spaceborne Radar System, Air Defence Radar, Aerospace Power and Information Warfare, dan Satellite, ujar Kasau.
Sumber : http://www.tribunnews.com/tribunners/2016/11/29/kasau-tni-angkatan-udara-dibangun-untuk-menjadi-kekuatan-inti-national-air-power?page=2

Perancis Minta DK PBB Gelar Sidang Khusus Bahas Aleppo

Aleppo
Aleppo Suriah

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengungkapkan, ada sekitar 16.000 warga sipil yang telah melarikan diri dari Aleppo Timur, Suriah, dalam beberapa hari ini.
Hal itu menyusul agresi pasukan pemerintah Suriah di sana.
Terkait kondisi itu, Perancis pun meminta agar diadakan sidang Dewan Keamanan PBB guna membahas keadaan di Kota Aleppo.
Dalam pernyataan tertulis Selasa (29/11/2016), Menteri Luar Negeri Perancis Jean-Marc Ayrault mengatakan, ada kebutuhan mendesak bagi penghentian permusuhan dan akses untuk bantuan kemanusiaan bagi penduduk dari kota yang terkepung itu.
"Hari ini sekitar satu juta orang terkepung menurut PBB, tidak hanya di Aleppo, Homs, tetapi juga di Ghouta dan Idlib, ini adalah kenyataan dari situasi di Suriah sekarang," kata Ayrault.
"Perancis mengambil inisiatif untuk mengkonfrontasi strategi perang total yang dilancarkan rejim Suriah dan sekutunya, yang memanfaatkan situasi yang tidak menentu di AS," kata dia lagi.
"Perancis akan mempertemukan secara cepat kelompok kerabat Suriah dalam beberapa hari mendatang di Paris," kata Menlu.
"Kami juga akan meneruskan perjuangan kami di DK PBB untuk menghasilkan sebuah resolusi yang mengecam penggunaan senjata kimia oleh rejim Suriah. Ini merupakan kenyataan,” kata Menlu Ayrault lagi.
Sementara, pemantau HAM Suriah yang berbasis di Inggris mengatakan sedikitnya 10 warga sipil tewas dalam serangan udara di Bab al-Nairab.
Bab al-Nairab adalah salah satu distrik di Allepo timur yang masih dikuasai oleh pasukan pemberontak.
Aktivis dan media pemerintah Suriah Senin lalu mengatakan, pasukan pemerintah berhasil mencapai serangkaian kemenangan atas pasukan oposisi di bagian timur Aleppo.
Hal ini disebut sebagai bagian dari strategi yang tampaknya digunakan untuk membagi wilayah yang dikuasai pemberontak itu menjadi dua bagian.
Aleppo telah menjadi fokus utama militer Suriah dengan dukungan serangan udara Rusia.
Situasi di sana juga telah menimbulkan keprihatinan internasional, di mana diperkirakan sekitar 250.000 warga sipil terperangkap dalam pengepungan pemerintah membutuhkan makanan dan bantuan medis.
Di Washington, Departemen Luar Negeri AS mengungkapkan kemarahan yang mendalam atas pemboman terbaru di Aleppo.
AS lantas meminta Moskow bertanggung jawab atas memburuknya keadaan di Allepo itu.
Sumber : http://internasional.kompas.com/read/2016/11/30/06300081/perancis.minta.dk.pbb.gelar.sidang.khusus.bahas.aleppo

Kuliner Indonesia Dipromosikan di Defence Academy Inggris

Kuliner Indonesia
Kuliner Indonesia

Makanan khas nasi uduk, seperti mie goreng, ayam goreng kremes, tempe orak-arik, rendang serta sosis solo, sambal balacan dan es teler sebagai makanan penutup digemari dalam acara International Day 2016 di Akademi Militer Srivenham, Inggris. Pelajar dari seluruh dunia yang sedang menuntut ilmu di Akademi Militer atau Defence Academy Srivenham itu menampilkan kekayaan kuliner.
Dari Indonesia, seorang perwira TNI, Mayor Adm Ikhwan Solihan yang mengikuti Advanced Command and Staf Course 20 Defence Academy UK menyuguhkan makanan Indonesia. Dia mengikuti pendidikan selama setahun bersama sang istri Jatu Dwi Kumalasari. Pujian disampaikan baik peserta maupun pengunjung Internasional Day. Mereka memuji makanan yang disuguhkan sangat luar biasa dan enak. "Makanan ini sangat enak," seorang warga Indonesia Harmein Ferdinal Pribadi beserta istri Pancanita Kaloko Rabu (30/11) yang ikut membantu menyiapkan kuliner Indonesia,
Masing-masing siswa dari seluruh dunia harus menyiapkan makanan dari negaranya masing-masing dalam acara International Day. Stand Indonesia ikut memeriahkan acara dengan menampilkan makanan tradisional Nusantara seperti nasi uduk, mie goreng ayam goreng kremes, tempe orak-arik, rendang serta sosis solo. Semua makanan itu ludes hanya dalam hitungan satu jam oleh pengunjung.
Harmein Ferdinal Pribadi yang mempunyai bisnis restoran ikut membantu menyiapkan sekitar 150 porsi yang habis semua.
"Bangga rasanya kuliner Indonesia diminati dan makin dikenal oleh masyarakat dunia," ujar Harmein yang juga mengelola The Eagle Little Coxwell Restaurant dan Hotel B&B di Faringdon wilayah Oxfordshire.
Sumber : http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/16/11/30/ohflek384-kuliner-indonesia-dipromosikan-di-defence-academy-inggris

Tujuh Tentara India Tewas di Kashmir

Tentara India
Tentara India

Tujuh tentara India, termasuk dua petugas, tewas dalam serangan pria bersenjata di pangkalan militer Kashmir yang dikuasai India. Ini adalah serangan paling berani kepada pangkalan militer India sejak serangan Uri bulan September lalu yang menewaskan 19 tentara India.

Polisi menyatakan empat pria bersenjata yang menyerbu pangkalan di Nagrota sebelum fajar hari Selasa (29/11), telah tewas dalam aksi pengejaran oleh pasukan keamanan.
Televisi India, NDTV, melaporkan para penyerang berpakaian serangam polisi menembak tanpa pandang bulu di asrama perwira sebelum bersembunyi di dalam gedung. Helikopter dan drone lalu dikirimkan ke sana.
Militer India menyatakan situasi saat itu seperti penyanderaan dan berlangsung sangat cepat. Sebanyak 14 orang termasuk dua perempuan dan dua anak-anak berhasil diselamatkan.
“Jenazah dari tiga teroris telah ditemukan dan operasi dilanjutkan untuk membersihkan seluruh area,” sebut pernyataan militer India.
Pangkalan Nagrota terletak 25 kilometer dari perbatasan Pakistan, merupakan satu dari empat pusat komando di wilayah Himalaya dan rumah bagi lebih dari 1.000 petugas dan keluarga mereka. Tiga petugas keamanan terluka akibat aksi penyerangan kemarin.
Serangan hari Selasa terjadi setelah penyerahan jabatan dari kepala militer Pakistan yang populer, Jenderal Raheel Sharif kepada penerusnya, Qamar Javed Bajwa, dengan peringatan kepada India agar tidak salah menilai negaranya yang memilih “menahan diri”. Serangan kepada militer India juga terjadi sehari sebelum jadwal kunjungan penasihat luar negeri Pakistan, Sartaj Aziz, ke India, untuk konferensi selama seminggu tentang Afghanistan.
“Itu (serangan) benar-benar menunjukkan upaya oleh kelompok-kelompok tertentu untuk menyabotase perdamaian oleh pemerintah Pakistan,” kata kepala Pusat Kebijakan Alternatif di New Delhi, Mohan Guruswamy.
Serangan ke pangkalan India meningkat beberapa waktu belakangan. Tentara India dan Pakistan juga kerap melakukan baku tembak di perbatasan Kashmir.
Sumber : http://www.beritasatu.com/dunia/402087-tujuh-tentara-india-tewas-di-kashmir.html

Gerak Cepat Ubah Konfigurasi CN-235 Royal Thai Police

Konfigurasi CN-235
Konfigurasi CN-235 VIP

Penulis tidak hanya menyimak kesibukan Tim CN-235 RTP selama di udara, tapi juga ketika harus mengubah konfigurasi interior kabin di apron markas Royal Thai Police, Don Mueang, Bangkok. Di hadapan para teknisi Thai Aviation Industries, mitra RTP, mereka harus bisa melakukannya dengan cepat, tak rumit, dan sepraktis mungkin.
Semula Angkasa memang membayangkan bakal terjadi keruwetan mengingat pesanan 5 in 1 ini terkesan tidak praktis. Namun, di lapangan, pemandangan yang terjadi justru sebaliknya.
Rupanya, Kepala Program CN-235 RTP, I Made Karnada, dan Project Leader Interior Design M. Samsul, sudah mengaturnya sedemikian rupa sehingga alur pengubahan konfigurasi kabin bisa berjalan berurutan dan “tidak kusut” di tengah jalan.
Semua parts dan komponen juga sudah diberi tempat seperti boks khusus dan masing-masing diberi nomor. Titik pemasangan di dalam kabin pun telah diberi tanda. Bagian yang harus dicopot juga ditaruh pada wadah yang telah disiapkan. Dengan demikian, perubahan dari satu konfigurasi ke konfigurasi yang lain hanya perlu waktu 2-3 jam.
Kecepatan mengubah konfigurasi didukung belasan teknisi Dirgantara Indonesia yang datang menyusul dengan penerbangan umum. Seluruh prosedur, alur sistem, dan cara kerja disimak penuh oleh tim TAI. Sesekali mereka bertanya, dan teknisi DI mampu dengan sabar menerangkannya sambil memberi contoh.
Seperti diberitakan Asebelumnya, RTP membeli satu unit CN-235-220M dengan lima konfigurasi, VIP, Passenger, Troop Passenger, Medevac, dan Kargo. Pengubahan seluruh konfigurasi dan uji terbang dijadwalkan selesai Selasa (29/11/2016) atau selambatnya Rabu besok.
Setelah semua terpenuhi, pihak TAI akan mengesahkan Flight Acceptance sebagai tanda bahwa pihak RTP menerima CN-235-220M yang mereka pesan pada 2014.
Bangga sekali penulis menyaksikan para teknisi dan mekanik Indonesia mampu “mendidik” sesama teknisi dan mekanik negara lain. Hal ini mencerminkan betapa Indonesia sudah fasih benar dengan teknologi tertinggi yang baru dikuasai secara eksklusif oleh negara-negara maju ini. (Adrianus Darmawan)
Sumber : http://angkasa.co.id/

Tata LPTA 2038, Penantang Baru di Kelas Heavy Truck 6×6

Tata LPTA 2038
Tata LPTA 2038

Tata Motors Limited masih nama yang asing dalam jagad pemasok alutsista TNI, namun manufaktur otomotif dari India ini punya alasan untuk menjajal masuk ke pasar heavy truck militer di Tanah Air. Telah berpengalaman memproduksi kendaraan militer sejak tahun 1958, Tata Defence Solutions di Indo Defence 2016 membawa langsung dua unit rantis (kendaraan taktis) berupa truk Tata LPTA 715 4x4GS dan Tata LPTA 2038 6×6.
Dari kedua unit truk tersebut, Tata LPTA 2038 6×6 punya ukuran yang lebih besar, dan tak jarang pengunjung Indo Defence 2016 yang mengira bahwa ini merupakan truk keluaran “Tatra,” selain dari aspek huruf dan ejaan memang mirip-mirip. Tata LPTA 2038 bisa dibilang layak menjadi penantang heavy truck TNI di kelas penggerak 6×6. Sebagai contoh di kelas 6×6 ada truk KIA KM500 yang dipakai Armed TNI AD untuk menarik Howitzer KH-179 155 mm, KM500 punya kapasitas payload 9 ton. Sementara Tata LPTA 2038 yang desainnya lebih modern dan punya tongkrongan cukup tinggi (ground clearance 360 mm), serta payload-nya mencapai 10,5 ton. Dalam kondisi kosong, bobot keseluruhan truk ini mencapai 23,5 ton.
Sebagau truk pelintas medan berat yang multirole, Tata LPTA 2038 sudah dihadirkan dalam beberapa varian, seperti penarik meriam, peluncur rudal, peluncur roket multi laras (MLRS) Grad BM21, ammunition carrier dengan crane, tactical communication system, troop carrier, sampai varian truk tanki. Truk ini hadir dua sistem transmisi, yakni manual dan otomatis. Untuk sistem transmisi otomatis terdiri dari tujuh gigi maju dan 1 gigi mundur. Sementara transmisi manual terdiri dari sembilan gigi maju dan satu gigi mundur. Kecepatan maksimal truk ini bisa dibawa lari sampai 80 km per jam.
Fitur yang melengkapi Tata LPTA 2038 diantaranya Anti-locking Braking System (ABS), Central Tyre Inflation System (CTIS), dan Auxiliary Gear box. Tata Tata LPTA 2038 punya power to weight ratio 17,4 HP per ton dan power engine 380 HP pada RPM 2100. Bicara tentang kemampuan manuver, dengan kapasitas full load, truk masih dapat meladeni medan dengan kemiringan 25 derajat. Tata LPTA 2038 diawaki oleh driver dan co driver, serta dibekalangnya ada kabin yang dapat memuat tiga personel. (Darmo)
Sumber : http://www.indomiliter.com/

Mengintip PT. Sentra Surya Ekajaya Pabrik Kendaraan Tempur di Tangerang

Pabrik Kendaraan Tempur di Tangerang
Pabrik Kendaraan Tempur di Tangerang

Dari tampilan luar, tidak ada yang menyangka sebuah bangunan yang mirip pabrik pada umumnya ini merupakan tempat dilahirkannya berbagai jenis kendaraan tempur dan taktis. Namun di dalamnya, sejumlah kendaraan taktis P-6 tampak berjajar rapih menunggu sentuhan akhir. Beberapa diantaranya bahkan sudah bisa dilakukan uji coba.
Inilah pabrik atau tempat produksi PT. Sentra Surya Ekajaya di kawasan Tangerang Banten. Dengan personel hanya 50 orang, PT. SSE mampu membuat sekitar 30 ranpur setiap tahunnya. Jumlah ini bisa saja bertambah, jika lini produksi ditambah sesuai dengan pesanan. Sejauh ini PT.SSE sedang menyelesaikan 18 buah P-6 ATAV dan 11 buah P-2 pesanan dari Tentara Nasional Indonesia. 18 buah P-6 itu nantinya akan digunakan oleh Kopassus TNI AD.
Rantis P-6 All Terain Assault Vehicle merupakan salah satu karya enginer PT.SSE. Kendaaan ini memang direncanakan, didesain dan diproduksi khusus untuk pasukan khusus TNI. Jadi sebelum memproduksi kendaraan ini, para enginer PT SSE mendengarkan secara seksama keinginan dari Passus TNI. "jadi jika kendaraan ini lincah, ya karena memang dirancang dan didesain untuk lincah. semuanya sesuai dengan perhitungan kami", jelas Jusuf Nurdin, General Manager PT. SSE kepada penulis.
Untuk memenuhi permintaan sebuah kendaraan taktis yang lincah, kuat, dan bisa diandalkan, PT SSE menggunakan bahan-bahan yang nomor satu. Untuk plat misalnya, mereka menggunakan duralium yang ringan namun kuat. "filosofinya seperti pesawat. Pesawat itu memiliki struktur yang secara metalurgi kuat namun sangat ringan. Jadi plat ini ringan hampir seperti kertas", kata Sena Maulana, Progam Manager PT.SSE.
Meski demikian, untuk mesin P-6 menggunakan mesin lokal. Hal ini dimaksudkan untuk kemudahan suku cadang dan pemeliharaan. Walau lokal, mesin diharuskan kuat dengan perbandingan power to weight ratio mencapai 56 HP/ton. Tak heran jika kemudian P-6 mampu bergerak sangat lincah. Penulis yang mencoba sendiri kendaraan ini merasakan betul tenaga dan kelincahannya.
Dengan bobot hanya sekitar 2 ton, mobilisasi P-6 juga sangat mudah. Kendaraan ini bisa dibawa menggunakan Hercules atau digantung ke Helikopter berat. Sesuai peruntukannya, P-6 memiliki 4 titik untuk pemasangan senjata. Senjata yang bisa digotong mulai dari senapan mesin sedang sekelas GPMG hingga Minimi. Jika diperlukan, P-6 juga bisa dipasang peluru kendali ringan seperi ATGM atau MANPADS. Dan yang tak kalah hebat, PT SSE juga sedang mengembangkan Ranpur berkemampuan anti ranjau pesanan Paspampres. Seperti apa bentuknya? kita nantika saja karya PT.SSE selanjutnya,
Sumber : http://arc.web.id/artikel/763-mengintip-pabrik-ranpur-di-tangerang

Batal Beli F-35, Kanada Pilih F/A-18E/F Super Hornet

 F/A-18E/F Super Hornet
 F/A-18E/F Super Hornet

Pemerintah Kanada memutuskan untuk membatalkan pembelian 65 jet tempur F-35 Joint Strike Fighters dari Amerika Serikat dan memilih untuk membeli F/A-18E/F Super Hornet. Keputusan untuk membeli sebanyak 18 pesawat Super Hornet itu disampaikan langsung oleh Kementerian Pertahanan Kanada di penghujung November lalu.
Dari sisi sejarahnya, Angkatan Udara Kanada memang sudah mengoperasikan sebanyak 138 FA/A-18A Hornet sejak tahun 1980 dan saat ini usia pesawat-pesawat itu dianggap tua serta harus segera diganti. Sebagai jet tempur andalan Kanada, jajaran FA/A-18 A Hornet-nya sudah banyak melaksanakan misi tempur seperti Perang Teluk, mendukung operasi tempur NATO di Yugoslavia dan Libya, serta menggempur milisi ISIS dalam konflik di Suriah.
Meskipun Hornet Kanada telah di up grade sehingga bisa dipersenjatai rudal AMRAAM, bom-bom pemandu satelit, Link 16 data communications, pemerintah Kanada telah menggolongkan jajaran Hornet-nya sebagai jet tempur yang sudah ketinggalan teknologi.
Tanda-tanda Kanada akan membatalkan pembelian F-35 sudah tampak sejak tahun 2015 ketika Perdana Menteri Justin Trudeau yang saat itu berkampanye menekankan bahwa F-35 terlalu mahal harganya.
Ketika berminat untuk membeli F-35, pemerintah Kanada memang tertarik kepada kemampuan F-35 yang memiliki teknologi antiradar (stealth) . Namun, Super Hornet kendati tidak memiliki kemampuan stealth, jet tempur multi peran produksi Boeing ini sudah dirancang agar sulit dideteksi radar musuh. Apalagi dari teknologi mesin serta persenjataan, Super Hornet tidak berbeda jauh dibandingkan teknologi mesin dan persenjataan F-35.
Untuk menghadapi jet-jet tempur Rusia yang menjadi ancaman di masa depan, Super Hornet antara lain telah dilengkapi radar APG-79 active electronically scanned array radars. Radar ini membuat pesawat lawan mengalami kesulitan untuk mendeteksi Super Hornet. Keunggulan lainnya dari Super Hornet yang akan dibeli Kanada adalah pada kemampuan sesama Super Hornet untuk melakukan air refueling sehingga untuk misi tempur jarak jauh, semua Super Hornet tidak tergantung lagi kepada kehadiran pesawat tanker.
Demi memenuhi kebutuhan jet-jet tempurnya sesuai tantangan yang dihadapi di masa depan, pemerintah Kanada menyatakan jumlah Super Hornet yang akan dibeli bisa mencapai angka ratusan pesawat. Kebutuhan jet-jet tempur Super Hornet itu begitu mendesak sehingga AU Kanada juga berharap dapat dipercepat pengirimannya. ( Agustinus Winardi)
Persenjataan F-35 A :
  • Kanon GAU-12 kaliber 25 mm
  • 2 internal weapon bays
  • 2 AIM-120C AMRAAM or
  • 2 AIM-132 ASRAAM and
  • 2 AGM-154 JSOW or
  • 2 Brimstone or
  • 2 GBU-12 Paveway LGB or
  • 2 GBU-31/32/38 JDAM or
  • 8 GBU-39 SDB or
  • 2 CBU-87/89 CBU or
  • 2 CBU-103/104/105 WCMD
  • 2 under-wing missiles
  • 2 AIM-9X Sidewinder or
  • 2 AIM-120B/C AMRAAM
  • 4 hardpoints
  • AGM-65 Maverick
  • AGM-88 HARM
  • AGM-158 JASSM
  • Storm Shadow
  • GBU-10/12/16/24 LGB
  • GBU-31 JDAM
  • Mk 82/83/84 GP
  • CBU-99/100 Rockeye II
  • transport pods

Persenjataan Super Hornet :
  • Guns: 1× 20 mm (0.787 in) M61A2 Vulcan nose-mounted Gatling-style cannon, 412 rounds
  • Hardpoints: 11 total: 2× wingtips, 6× under-wing, and 3× under-fuselage with a capacity of 17,750 lb (8,050 kg) external fuel and ordnance

Missiles:
Air-to-air missiles:
  • 4× AIM-9 Sidewinder or 4× AIM-120 AMRAAM, and
  • 2× AIM-7 Sparrow or 2× AIM-120 AMRAAM

Air-to-surface missiles:
  • AGM-65 Maverick
  • AGM-84H/K Standoff Land Attack Missile Expanded Range (SLAM-ER)
  • AGM-88 HARM Anti-radiation missile (ARM)
  • AGM-154 Joint Standoff Weapon (JSOW)
  • AGM-158 Joint Air-to-Surface Standoff Missile (JASSM)

Anti-ship missile:
  • AGM-84 Harpoon
  • Long Range Anti-Ship Missile (LRASM), in the future

Bombs:
  • JDAM precision-guided munition (PGMs)
  • Paveway series of laser-guided bombs
  • Mk 80 series of unguided iron bombs
  • CBU-78 Gator
  • CBU-87 Combined Effects Munition
  • CBU-97 Sensor Fuzed Weapon
  • Mk 20 Rockeye II

Sumber : http://angkasa.co.id/

Dua Batalyon Armed Kostrad Latihan Menembak Terintregasi

Latihan Menembak Terintregasi
Latihan Menembak Terintregasi

Kemampuan yang harus dimiliki setiap prajurit Artileri Medan (Armed), disamping menembak senjata ringan, juga kemahiran menembak senjata berat. Sebagai implementasinya, 200 prajurit dari Yonarmed 1/Roket Kostrad dan Yonarmed 11/Meriam Kostrad mengikuti latihan menembak senjata terintregasi, di pesisir selatan Pantai Pandanwangi, Kabupaten Lumajang, beberapa waktu lalu.

Latihan menembak senjata berat kali ini sebagai puncak latihan mengakhiri Uji Kesiapan Tempur Baterai yang sudah ditetapkan dalam siklus Program Latihan Standarisasi (Proglatsi) Batalyon Armed 1/Roket Kostrad dan Yonarmed 11/Meriam Kostrad.
Pada penyelenggaraan latihan menembak senjata berat diawali ratifikasi meriam yang dilaksanakan para personel ahli meriam, dibantu tim Peralatan Denpal Divif 2 Kostrad, agar hasil yang dicapai dalam pemeliharaan dan pengecekan meriam terhindar dari terlewatnya bagian-bagian inti yang harus dicek dan diperbaiki, sehingga didapatkan keamanan dalam pelaksanaan Latbakjatrat.
Para prajurit latihan menembak menggunakan meriam kaliber M-48 76 mm yang memiliki jangkauan sekitar 8.000 meter, dan meriam M2A2 105 mm tarik yang memiliki jangkauan sekitar 12.00 meter. Sebanyak 12 pucuk meriam diletakkan berjajar, tak jauh dari bibir pantai selatan, sesekali dentuman keras terdengar saat meriam ditembakkan secara bergantian.
Latihan ini bertujuan memelihara dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan Tim Pelaksana Tembakan (Kelompok Peninjau, Kelompok Pibak dan Pok Satbak) serta didukung oleh prosedur komunikasi, Kurmed dan pengamanan dalam melaksanakan latihan menembak senjata berat.
Pelaksanaan menembak melibatkan 12 pucuk meriam dan dukungan munisi sebanyak 114 butir. Materi pokok terdiri dari tembakan pencatatan teliti, tembakan bidang biasa, tembakan bidang aba-aba istimewa dan tembakan bidang koreksi istimewa.
Sumber : http://malangvoice.com/2-batalyon-armed-kostrad-latihan-menembak-terintregasi/

Danlanal : Jangan Ganggu Teritorial Babel!

KRI Teluk Mandar 514
KRI Teluk Mandar 514

TNI AL menegaskan akan menjaga wilayah laut NKRI, tak terkecuali Bangka Belitung (Babel), dari gangguan pihak yang ingin merebut wilayah laut di Bumi Serumpun Sebalai. Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Babel Kolonel Laut (P) Teguh Gunawan mengatakan, pengganggu akan berhadapan langsung dengan pihaknya.
“Kita selalu melakukan patroli. Dengan upaya ini kita berharap pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab dan berniat mengacau tersebut tidak akan berani masuk ke Babel," ujar Teguh, Minggu (27/11) kemarin.
Semua prajuritnya juga dikatakan Teguh sudah siap untuk menjaga teritorial NKRI. "Prajurit TNI-AL Bangka Belitung akan selalu siap mengamankan wilayah teritorial laut NKRI termasuk salah satunya adalah Bangka Belitung dan mempersempit gerak-gerik pengganggu," tegasnya.
Tidak hanya dengan cara yang frontal yang ditunjukkan perusuh, tetapi juga TNI-AL juga akan bertindak tegas apabila ada perbuatan ilegal lainnya seperti pencurian ikan. "Kepada pihak-pihak yang berani masuk dan melakukan perbuatan-perbuatan ilegal ataupun kejahatan dilaut, maka akan berhadapan langsung dengan TNI-AL Babel,“ bebernya.
Dicontohkan Teguh, sejumlah kasus kerap terjadi di wilayah laut Babel, seperti pencurian ikan dan perompakan. "Sejumlah kasus kegiatan di laut yang ditemukan adalah kasus pencurian ikan ilegal dan perompakan seperti yang terjadi beberapa waktu terakhir," imbuhnya.
Keseriusan TNI-AL dalam menangani setiap kasus di laut, juga dibuktikan dengan kehadiran kapal KRI Ki Hajar Dewantara dan KRI Teluk Mandar beberapa waktu lalu. “Ini dibuktikan dengan kemarin telah hadirnya 2 kapal perang. Makanya diharapkan ke depan, kapal-kapal lain pun bisa singgah ke daerah Bangka Belitung,“harapnya. (rga)
Sumber : http://www.radarbangka.co.id/berita/detail/pangkalpinang/42552/danlanal-jangan-ganggu-teritorial-babel.html

PBB Wacanakan Sanksi Larangan Ekspor Batu Bara Korut Terkait Uji Coba Nuklir

Sanksi Larangan Ekspor Batu Bara Korut
Sanksi Larangan Ekspor Batu Bara Korut 

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bansa (PBB) selama berbulan-bulan tengah mempersiapkan wacana sanksi yang lebih tegas terhadap uji coba nuklir Korut (Korea Utara). Wacana ini guna mengantisipasi rencana uji coba nuklir kelima yang akan dilakukan Korut.
Pejabat Amerika Serikat mengungkapkan, bahwa wacana sanksi tegas tersebut merupakan langkah maju yang signifikan berkaitan dengan upaya pencegahan uji coba nuklir berikutnya. AS beserta negara anggota PBB lainnya yang memegang hak veto seperti Rusia, China, Inggris, dan Prancis telah berdiskusi perihal sanksi korut dalam merespons uji coba nuklir pada 9 September.
Diwartakan oleh The Guardian, Selasa, (29/11/2016) perwakilan PBB mengatakan para negara anggota diperkirakan akan melakukan pengambilan suara pada Rabu 30 November 2016 pagi guna mencapai kesepakatan bersama, sehubungan dengan diterapkannya sanksi tegas bagi Korut, yakni larangan ekspor Batu Bara.
Sanksi tersebut dianggap akan langsung memukul sektor mata pencarian negara yang dipimpin Kim Jong un tersebut. Berdasarkan keterangan diplomat PBB, sanksi ini direncanakan akan memotong sekira 62% atau setara Rp54,13 Triliun dan 75 Ribu kilogram batubara.
Mengacu dari perdagangan global, China melakukan impor Batu Bara dari Korea Utara nyaris sebesar Rp13,5 Triliun pada 2016. Diplomat PBB, menambahkan sanksi baru tersebut, terdapat pengecualian yaitu dengan tetap mengizinkan impor bagi China. Hal ini dimaksudkan sebatas untuk melindungi mata pencarian warga Korut dan kebutuhan bisnis perusahaan di China.
Selain itu, sanksi ini juga melarang ekspor dari sektor logam dan sanksi terhadap 11 pejabat pemerintahan, termasuk 10 negara entitas yang terkait dengan program senjata nuklir.
Korea Utara membanggakan teknologi nuklir mereka dan tetap melakukan uji coba nuklir dengan mengabaikan sanksi internasional serta tekanan diplomatik. Korut dikenal gigih dalam upaya uji coba nuklir dan rudal. Hal ini menjadi salah satu masalah kebijakan luar negeri yang paling sulit ditangani bagi Pemerintah Amerika Serikat. Diplomasi dengan Korut sejauh ini selalu berakhir gagal. Negosiasi terakhir dilakukan oleh 6 negara pada 2008 dan berakhir gagal di awal 2009. (rav)
Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/11/29/18/1553913/pbb-wacanakan-sanksi-larangan-ekspor-batu-bara-korut-terkait-uji-coba-nuklir

Angkatan Udara AS Kekurangan Pilot Pesawat Tempur

F-35 AU Amerika Serikat
F-35 AU Amerika Serikat

Ketika pasukan Irak memulai operasi untuk merebut kota Mosul bulan lalu, para pilot jet-jet tempur F-22 milik Amerika menembak target-target pertama militan Negara Islam (ISIS) di sana. Namun operasi semacam itu terbilang bahaya.
Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) mengatakan kekurangan pilot pesawat tempur telah begitu parah sehingga pihaknya kesulitan memenuhi persyaratan tempur di luar negeri.
"Kami memiliki terlalu sedikit skuadron untuk memenuhi kebutuhan komandan kombatan," ujar Mayjen Scott Vander Hamm, jenderal yang berwenang memperbaiki krisis pilot tempur, dalam wawancara eksklusif dengan VOA.
Angkatan Udara AS saat ini mendapat otorisasi untuk memiliki 3.500 pilot pesawat tempur, namun masih kekurangan 725 pilot. Dengan pilot yang lebih sedikit, jumlah skuadron pilot pesawat tempur juga turun, dari 134 skuadron pada 1986 menjadi 55 pada 2016.
Oleh karena persentase pasukan yang diperlukan untuk ditugaskan lebih besar dalam 10 tahun terakhir, kesiapan -- kemampuan untuk memenuhi misi-misi di dalam dan luar negeri -- telah turun 20 persen.
"Dalam tahun kalender berikutnya, mungkin akan ada degradasi di skuadron garis depan. Hal ini berarti kita tidak dapat mengirim pasukan pada saat yang sama seperti sebelumnya, yang berarti dapat menyebabkan hilangnya nyawa dalam konflik," ujar Vander Hamm.
Masing-masing pilot perlu pelatihan bertahun-tahun untuk mengoperasikan pesawat teknologi tinggi yang telah berevolusi menjadi komputer super yang bisa terbang.
Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/11/29/18/1553791/angkatan-udara-as-kekurangan-pilot-pesawat-tempur

Kapal Iran Bidikkan Senjata ke Helikopter Militer Amerika

helikopter Angkatan Laut MH-60
Helikopter Angkatan Laut MH-60 

Sebuah Iran kapal Garda Revolusi Islam Iran membidikkan senjata ke arah helikopter militer Amerika Serikat di kawasan Selat Hormuz. Pejabat pertahanan AS menyebut aksi kapal Iran itu sebagai tindakan tidak aman dan tidak profesional.
Aksi kapal Iran membidik helikopter militer AS itu terjadi Sabtu pekan lalu, namun baru diungkap para pejabat pertahanan AS kemarin. Insiden ini merupakan tindakan berani terbaru Iran sejak Donald Trump memenangkan pemilihan presiden AS pada 8 November 2016.
Selama kampanyenya, Trump bersumpah bahwa setiap kapal Iran melecehkan Angkatan Laut AS di Teluk akan “ditembak keluar dari laut air”, jika ia terpilih. Trump pada akhirnya terpilih sebagai presiden AS dan akan berkantor di Gedung Putih pada 20 Januari 2017 mendatang.
Tidak ada komentar dari Iran atas insiden tersebut. Tim transisi Trump juga belum menanggapi permintaan untuk komentar.
Para pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan insiden itu terjadi ketika sebuah helikopter Angkatan Laut MH-60 terbang dalam jarak 0,5 mil (0,8 km) dari dua kapal Iran di perairan internasional. Salah satu kapal Iran kemudian membidikkan senjata pada helikopter tersebut.
”Perilaku oleh standar kami itu adalah provokatif dan bisa dilihat sebagai eskalasi,” kata salah satu pejabat AS, seperti dikutip Reuters, Selasa (29/11/2016). Belum jelas jenis senjata yang dibidikkan kapal Iran terhadap helikoter AS.
Sumber : http://international.sindonews.com/read/1159024/42/kapal-iran-bidikkan-senjata-ke-helikopter-militer-amerika-1480375501

Vietnam Perpanjang Landasan Pacu di Laut China Selatan

Vietnam Perpanjang Landasan Pacu
Vietnam Perpanjang Landasan Pacu

Vietnam telah memperpanjang landasan pacu militer di sebuah pulau kecil di Laut China Selatan untuk membantu pertahanannya terhadap China yang semakin agresif.
Upaya memperkuat kehadiran di Laut China Selatan juga dilakukan Filipina dan Taiwan untuk menjegal kekuatan China, sementara beberapa negara lain yang terlibat sengketa masih diam.
Hanoi memutuskan untuk memperpanjang landasan pacu di sebuah pulau di gugus Kepulauan Spratley yang disengketakan di Laut China Selatan, dari 762 menjadi 1.005 meter.
Selain itu, Vietnam juga membangun hanggar baru, demikian Pusat Pengkajian Internasional dan Strategi (CSIS) di Amerika Serikat, sebagaimana dilaporkan Voice of America.
Landasan pacu yang lebih panjang itu akan memungkinan akses yang lebih mudah bagi pesawat pemantau maritim Angkatan Udara Vietnam, tambah CSIS.
Penggunaan bersejarah laut itu, kebanggaan nasional yang kuat, dan sejarah konflik maut mendorong Vietnam untuk memperkuat lebih dari 24 pulau di kawasan itu.
“Vietnam harus bermain dengan sangat hati-hati,” kata Adam McCarty, ekonom utama di Mekong Economics di Hanoi.
“Mereka benar-benar tidak ingin memprovokasi China, tetapi mereka juga tidak dapat membiarkan China melakukan apa saja yang dikehendakinya," ujarnya.
China juga telah menimbulkan kemarahan Brunei, Taiwan, dan Filipina sejak tahun 2010 karena perluasan yang cepat China ke laut seluas 3,5 juta kilometer persegi itu.
Sumber : http://belitung.tribunnews.com/2016/11/28/vietnam-perpanjang-landasan-pacu-di-laut-china-selatan

Militer Filipina Hujani Pemberontak dengan Bom dan Artileri

Militer Filipina
Militer Filipina

Militer Filipina menghujani kelompok pemberontak dengan bom dan tembakan artileri pada pengepungan terhadap para militan yang berafiliasi dengan ISIS di wilayah selatan negara itu. angkatan bersenjata Filipina mengatakan, sampai pengepungan hari ketiga, setidaknya 35 orang pemberontak telah dilaporkan tewas.
Beberapa pesawat OV-10B terlihat terbang berkeliling di udara sebelum menukik dan menjatuhkan muatan bomnya ke posisi-posisi pertahanan pemberontak Maute. Juru bicara militer Filipina, Filemon Tan mengatakan, kelompok ini telah menguasai dan menduduki balai kota di Provinsi Lanao.
“Siang ini, terjadi pertempuran sengit di area tersebut saat pasukan kami melakukan operasi pembersihan,” kata Tan sebagaimana dilansir Channel News Asia, Selasa (29/11/2016). Dia menambahkan, 13 prajurit terluka dalam operasi yang dimulai sejak Sabtu pekan lalu itu.
Ribuan warga telah mengungsi saat ratusan tentara yang didukung tembakan artileri dan kendaraan lapis baja bergerak mendesak para pemberontak keluar dari persembunyiannya. Pesawat-pesawat OV-10 Bronco juga dilibatkan dalam serangan besar-besaran tersebut.
Pemerintah Filipina menuduh kelompok Maute bertanggung jawab atas serangan bom yang terjadi pada 2 September di kampung halaman Presiden Rodrigo Duterte, Davao. Sebanyak 14 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam insiden tersebut.
Beberapa anggota kelompok itu ditangkap sebulan kemudian bersama video klip yang memperlihatkan mereka bersumpah setia kepada kelompok ISIS.
Sumber : http://news.okezone.com/read/2016/11/29/18/1553680/militer-filipina-hujani-pemberontak-dengan-bom-dan-artileri

Kuwait akan Beli 28 Jet Tempur Boeing F-18

 Jet Tempur Boeing F-18
 Jet Tempur Boeing F-18

Kuwait berencana membeli 28 jet tempur Boeing F-18 Super Hornet. Rencana itu terungkap 10 hari setelah Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengabari Kongres soal kemungkinan penjualan 40 pesawat tempur ke negara Teluk Arab tersebut.
Kepala Otoritas Persenjataan dan Pengadaan militer Kuwait, Mayor Jenderal Lafi al-Azmi, mengatakan Kuwait juga berencana mengembalikan pesawat-pesawat F-18 inventaris yang sudah kuno sebagai bagian dari kesepakatan pembelian. Al-Azmi menambahkan bahwa keterangan rinci menyangkut pembelian hanya akan diungkapkan setelah kesepakatan tersebut sudah resmi ditandatangani.
"Mengingat Kuwait berada di dekat lokasi-lokasi yang bergolak, kita tentunya memerlukan peralatan militer yang efektif," katanya seperti dikutip Reuters, Senin (28/11) . Pernyataannya itu tampaknya mengacu pada perang di Irak dan Suriah.
Kepemilikan pesawat tempur itu semakin penting bagi Kuwait di tengah peningkatan ketegangan antara Arab Saudi dan Iran, yang perjuangannya untuk mendominasi kawasan ikut memanaskan perang dan ketegangan politik di kawasan Timur Tengah. Kuwait, yang menjadi sekutu Arab Saudi, menjadi bagian dari koalisi pimpinan Saudi di Yaman.
Boeing, Northrop Grumman Corp, Raytheon Co dan General Electric co merupakan kontraktor utama dalam penjualan jet-jet tempur kepada Kuwait.
Sumber : http://www.republika.co.id/berita/internasional/timur-tengah/16/11/29/ohd4ki383-kuwait-akan-beli-28-jet-tempur-boeing-f18

Sejarah 29-11-1963: AS Mulai Penyelidikan Pembunuhan Presiden Kennedy

Pembunuhan Presiden Kennedy
Pembunuhan Presiden Kennedy

Pada 1963, dunia dikejutkan peristiwa besar. Presiden Amerika Serikat, John F Kennedy tewas ditembak di Dallas, Texas.
Tewasnya Kennedy membuat jabatan Presiden negara yang kala itu memegang julukan adidaya, dipegang sang Wakil Presiden Lyndon B Johnson (LBJ).
Segera setelah dilantik LBJ langsung membuat komisi khusus untuk menyelidiki kematian mantan bosnya.
Menurut penulis buku biografi LBJ, Doris Kearns Goodwin, LBJ memprioritaskan penyelidikan didasari beberapa faktor. Namun, yang paling terlihat adalah ia ingin mendapat sokongan dari segala pihak untuk menjalankan roda pemerintahan.
LBJ yakin, dukungan tak akan didapat jika penyebab kematian Kennedy samar. Ia pun melihat sepekan setelah Presiden ke-35 itu meninggal, AS kebingungan menentukan arah.
"Kami seperti sekumpulan sapi ternak yang terjebak di rawa-rawa," ucap LBJ seperti dikutip dari History, Selasa (28/11/2016).
Ia pun merasa punya tanggungjawab superbesar untuk menyelesaikan masalah ini. Pasalnya, tidak cuma AS, dunia terus memperhatikan setiap langkah dan kebijakan yang akan diambilnya.
Mendapat tekanan besar, komisi yang tertuang dalam perintah khusus nomor 11130 resmi dibentuk, secara tidak resmi tim penyelidikan ini diberi nama Warren Comission sesuai dengan nama dari Ketua Mahkamah Agung AS, Earl Warren.
Investigasi dari Warren Commision menelan waktu hampir setahun. Mereka meninjau laporan dari banyak institusi negara di AS.
Mulai dari FBI, Secret Service, Kementerian Luar Negeri hingga Kejaksaan Texas mereka periksa semua laporannya.
Rekam jejak pembunuh Kennedy, Lee Harvey Oswald juga tak luput dari 'mata' pengamatan mereka. Semua hal terkait Oswald seperti sejarah hidup, afiliasi politik dan perjalanan karier di militer diperiksa secara seksama.
Secara khusus, dalam waktu investigasi Warren Commision mendengar kesaksian dari 552 saksi mata. Belum cukup, para anggota tim kerap mengunjungi lokasi kejadian di Dallas demi menemukan bukti-bukti yang dibutuhkan.
Setelah merampungkan penyelidikannya, Warren Commision pun mengeluarkan hasil penyelidikannya. Mereka menyatakan Oswald beraksi sendirian untuk membunuh Kennedy.
Komisi ini menyatakan, Secret Service yang merupakan penanggungjawab keamanan Presiden melakukan persiapan pengamanan sangat buruk yang mengakibatkan mereka gagal melindungi Kennedy.
Tak hanya itu yang terjadi di tanggal 29 November. Pada 1947, Majelis Umum PBB menyetujui Rencana Pembagian Wilayah untuk Palestina, sebuah rencana untuk mengakhiri konflik Arab-Yahudi di Palestina, Mandat Britania.
Semenatra di tanggal yang sama pada 1945 Republik Sosialis Federal Yugoslavia dideklarasikan. Namun, negara ini tidak bertahan lama di 1992 beberapa wilayah dari negara tersebut memilih memisahkan diri. Sekarang Yugoslavia tinggal menjadi sejarah dan pemerintah mereka dilanjutkan oleh Serbia.
Sumber : http://global.liputan6.com/read/2663558/29-11-1963-as-mulai-penyelidikan-pembunuhan-presiden-kennedy

Jet Tempur CF-18 Kanada Jatuh di Alberta, Pilot Tewas

Jet Tempur CF-18 Kanada
Jet Tempur CF-18 Kanada 

Seorang pilot pesawat jet tempur CF-18 Kanada tewas setelah jet tempur tersebut jatuh pada hari Senin di kawasan pelatihan di dekat Cold Lake, Alberta. Militer Kanada telah mengkonfirmasi insiden itu tanpa merinci identitas pilot.

”Sebuah penyelidikan keselamatan penerbangan akan dilakukan untuk menentukan penyebab,” kata Angkatan Udara Kanada melalui Twitter, seperti dikutip Reuters, Selasa (29/11/2016) .”Nama (pilot) tidak akan dirilis sampai keluarga terdekat diberitahu.”
Sementara Angkatan Udara yang mengumpulkan materi jet tempur tersebut belum bersedia merinci temuannya.
Menurut Kementerian Pertahanan Kanada, insiden itu terjadi di sekitar Cold Lake, di dekat Provinsi Saskatchewan dan merupakan basis militer Kanada. Sejumlah helikopter telah dikerahkan tak lama setelah insiden.
”Pada sekitar pukul 11.09 waktu setempat di Cold Lake, (pesawat tempur) CF-18 Hornet dari pangkalan 4 Wing Cold Lake jatuh di Cold Lake Air Weapons Range di Saskatchewan, tidak jauh dari Primrose Lake Evaluasi Range,” kata Kapten Mat Strong, petugas urusan publik untuk 4 Wing Cold Lake, dalam sebuah pernyataan.
Sumber : http://international.sindonews.com/read/1159025/42/jet-tempur-cf-18-kanada-jatuh-di-alberta-pilot-tewas-1480376821

Konflik Rohingya Memanas, Suu Kyi Tunda Kunjungan ke RI

Aung San Suu Kyi
Aung San Suu Kyi

Pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi, menunda kunjungan ke Indonesia menyusul gelombang kekerasan yang kembali terjadi terhadap etnis Rohingya di negara bagian Rakhine beberapa bulan terakhir. Aksi kekerasan yang diduga dilakukan oleh militer Myanmar itu memicu demonstrasi di depan kantor Kedutaan Besar Myanmar di Jakarta pekan lalu, dan bahkan ancaman bom.
Gelombang kekerasan terhadap etnis Rohingya bermula pada awal Oktober lalu ketika militer Myanmar menuding "teroris Rohingya" menyerang tiga pos polisi di Rakhine, menewaskan sembilan petugas. Sejak itu, tentara Myanmar dikabarkan melakukan pembunuhan, penyiksaan dan pemerkosaan terhadap warga etnis Rohingya, khususnya di distrik Maungdaw, yang kini diisolasi.
Suu Kyi, yang kini menjabat sebagai Penasihat Negara Myanmar dan berada di atas Presiden Htin Kyaw, menerima kecaman dari publik internasional lantaran masih bungkam terkait kekerasan terhadap etnis Rohingya.
Pemerintahan Suu Kyi hingga kini belum meluncurkan pernyataan resmi maupun langkah konkret untuk menanggulangi konflik yang telah menyebabkan banyak orang tewas itu.
Suu Kyi sebelumnya dijadwalkan berkunjung ke Indonesia setelah mengunjungi Singapura dari tanggal 30 November hingga 2 Desember. Namun, pejabat senior wakil direktur umum kementerian luar negeri Myanmar, Aye Aye Soe menyatakan kepada AFP bahwa kunjungan peraih penghargaan Nobel Perdamaian itu ke Jakarta ditunda.
"Kami menunda perjalanan Indonesia karena masalah di Rakhine dan juga di wilayah utara negara bagian Shan di mana tentara masih memerangi gerilyawan etnis," ujarnya.
"[Jadwal kunjungan ke Indonesia] akan diatur dalam waktu dekat," tutur Soe.
Soe menyangkal bahwa penundaan itu berkaitan dengan masalah keamanan. Namun pada Sabtu (26/11), Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar, mengungkapkan Detasemen Khusus 88 Antiteror menangkap dua orang tersangka teroris di Sawang, Aceh Utara, yang merencanakan pengeboman di kedutaan besar Myanmar di Jakarta.
Kedua orang tersebut adalah Bahrain Agam dan Saiful Bahri alias Abu Syifa yang bergabung dalam jaringan Rio Priatna Wibowo.
Hingga saat ini, pemerintah Myanmar melaporkan bahwa korban dari bentrokan militer dan etnis Rohingya di Maungdaw mencapai 86 orang, terdiri dari 17 tentara dan 69 etnis Rohingya. Namun menurut kelompok Rohingya sendiri, bentrokan itu sudah menelan lebih dari 400 nyawa.
Konflik ini merupakan yang terparah sejak aksi kekerasan oleh kelompok Buddha radikal terhadap warga Rohingya pada 2012 lalu. Bentrokan saat itu menewaskan 200 orang dan menyebabkan 140 ribu orang kehilangan tempat tinggal.
PBB melaporkan bahwa sekitar 30 ribu Muslim Rohingya melarikan diri dari aksi kekerasan di Rakhine dan berupaya menuju negara tetangga, Bangladesh. Namun dalam perjalanan melewati Sungat Naf yang membatasi kedua negara, sebagian pengungsi itu tewas ditembaki petugas penjaga perbatasan.
Selama ini, sebagian besar dari 1,1 juta total populasi Muslim Rohingya di Myanmar tidak memiliki kewarganegaraan dan hidup dalam diskriminasi. Mereka ditolak karena dianggap imigran ilegal dari Bangladesh. Sementara, etnis Rohingya sendiri merasa sudah menjadi bagian dari Myanmar karena telah tinggal selama beberapa generasi di negara itu. (ama)
Sumber : http://www.cnnindonesia.com/internasional/20161129103527-106-175988/konflik-rohingya-memanas-suu-kyi-tunda-kunjungan-ke-ri/

Prajurit TNI Korban Heli TNI AD Jatuh Dimakamkan Secara Militer

Pemakaman Secara Militer
Pemakaman Secara Militer

Prajurit TNI AD yang gugur dalam kecelakaan helikopter di Kalimantan Utara, Sertu Bayu S. Putra, diterbangkan dari Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma menuju Bandara Pinang Kampai, Kota Dumai, Riau. Rencananya Bayu akan dimakamkan di kota kelahirannya itu, Selasa (29/11/2016).
Rencana kedatangan jenazah Bayu ini disampaikan Kepala Dinas Operasi Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Kolonel Pnb Yani Amirullah.‎ "Dari Halim langsung ke Dumai, tidak melalui Pekanbaru," kata Yani, Selasa pagi.
Keluarga di Kota Dumai mengaku sudah menyiapkan acara penyelenggaraan jenazah Sertu Bayu hingga sampai pemakaman. Di rumah orangtua Bayu di Kelurahan Sukajadi, Kota Dumai, sudah didirikan tenda pelayat.
"Di sini (di rumah) juga sudah tegak tenda," ujar Adi Rahman, tetangga sekaligus teman dekat almarhum.
Menurut Adi, keluarga menyerahkan sepenuhnya proses pemakaman Sertu Bayu ke TNI yang rencananya dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan dan dilakukan secara militer.
"Dimakamkan di makam pahlawan dan secara militer," kata Adi.
Pemakamam secara militer juga disiapkan bagi jenazah Lettu CPN Ginas Sasmita Aji yang disemayamkan di rumah mertuanya yang berlokasi di Demangan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Selasa pagi. Lettu Ginas bakal dimakamkan di TMP Kusumanegara Yogyakarta.
Alasan pemakaman Ginas di kota tersebut lanteran istri Ginas, Bonita Larendra Sutrisno, kerap tinggal di rumah ibunya ketika sang suami sedang dinas di luar kota. Ginas sendiri berasal dari Madiun.
Jenazah tiba di rumah duka sekitar pukul 10.50 WIB diiringi isak tangis keluarga. Para pelayat yang terdiri dari anggota kesatuan TNI AD dan tetangga sekitar sudah berdatangan.
"Disalatkan dulu di rumah mertuanya setelah salat Zuhur baru diberangkatkan ke TMP," ujar Dimas Ariesta, kakak sepupu Bonita.
Baik Ginas maupun Bayu merupakan prajurit TNI AD yang tewas dalam insiden jatuhnya helikopter Bell-412 EP di Malinau, Kalimantan Utara, Kamis, 24 November 2016.
Sumber : http://regional.liputan6.com/read/2664496/prajurit-tni-korban-heli-tni-ad-jatuh-dimakamkan-secara-militer

Pemerintah China Tersinggung dengan Ulah Singapura

China Tersinggung dengan Ulah Singapura
China Tersinggung dengan Ulah Singapura

China, Senin (28/11/2016), mengaku telah memprotes Singapura setelah sembilan kendaraan tentara negara pulau itu disita petugas bea dan cukai Hongkong saat kembali dari Taiwan.
Surat kabar China melaporkan hal itu dan memperingatkan adanya "kemunafikan" Singapura, sebagaimana dilaporkan Reuters, Senin.
Menurut media China, Global Times, sembilan kendaraan baja pengangkut tentara Singapura disita di Hongkong minggu lalu.
Beijing pun segera melayangkan surat protes dan teguran kepada Singapura karena ternyata mempertahankan ikatan militer dengan Taiwan, yang dicap "provinsi pembangkang" oleh China.
"China telah membuat pernyataan atas hal ini kepada pihak Singapura," kata juru bicara Kemenlu China, Geng Shuang, dalam sebuah pengarahan pers, Senin ini.
Geng mengatakan, China juga telah menuntut Singapura mematuhi hukum-hukum yang berlaku di Hongkong dan bekerja sama dengan otoritas Hongkong untuk menangani pekerjaan lanjutan terkait.
Hongkong merupakan sebuah bekas koloni Inggris sebelum akhirnya dikembalikan ke China pada tahun 1997.
China selalu menentang negara-negara yang memiliki hubungan dengan China sekaligus juga memiliki "segala bentuk pertukaran politik dengan wilayah Taiwan, termasuk pertukaran dan kerja sama militer," ujar Geng.
China telah mengklaim kedaulatan atas Taiwan sejak 1949, ketika pasukan Komunis Mao Zedong memenangi perang dunia China dan pihak Nasionalis Chiang Kai Shek melarikan diri ke pulau itu.
Beijing telah berjanji untuk membawa Taiwan kembali ke bawah kekuasaannya, menggunakan jalan kekerasan jika diperlukan.
China mengatakan bahwa Taiwan merupakan bagian dari "Satu China," yang dikuasai oleh Beijing.
Global Times, yang merupakan tabloid milik negara, memperingatkan bahwa "kemunafikan" Singapura atas hubungan militernya dengan Taiwan dapat merusak hubungannya dengan China.
"Itu tidak lagi beralasan bagi Singapura untuk melanjutkan... segala bentuk pertukaran militer dengan Taiwan," ujar sebuah artikel opini dalam media itu, yang ditulis oleh seorang komentator yang menggunakan nama Ai Jun, yang bermakna "cintai tentara".
Singapura dan Taiwan memiliki sebuah hubungan militer yang telah lama berjalan sejak 1970-an dan melibatkan Taiwan sebagai lokasi pelatihan infanteri Singapura.
Beijing dengan berat hati menoleransi kesepakatan itu sejak China dan Singapura membentuk kembali hubungan diplomasi pada 1990-an.
Insiden dengan kendaraan itu "menambahkan kecurigaan" bahwa Singapura berusaha melawan prinsip "Satu China", media itu menyebutkan.
Sumber : http://www.kompas.com/

Kala Jalan Raya Menjadi Pangkalan Udara Sementara Pesawat Tempur Singapura

F-16 Block 52 RSAF
F-16 Block 52 RSAF

Bagi negara dengan lahan militer terbatas seperti Singapura, mereka harus menyiapkan segala skenario termasuk apabila musuh berhasil melakukan serangan pre-emtif dan merusak pangkalan udaranya. Oleh karena itu, RSAF (Republic of Singapore Air Force) secara rutin melatih kemampuan mereka untuk lepas landas dan mendarat dari jalan raya.
Latihan tersebut diselenggarakan dengan sandi operasi Torrent, yang tahun ini diselenggarakan pada 10-14 November 2016. Latihan Torrent terakhir diselenggarakan pada 2008. Operasi Torrent pada 2016 ini menjadi operasi ketujuh dan operasi perdana bagi F-15SG, pesawat tempur superioritas udara terbaik di kawasan.
Jalan raya yang diubah menjadi pangkalan udara sementara adalah ruas jalan Lim Chu Kang (LCK) sepanjang 2.500 meter dan selebar 24 meter.
Persiapan untuk mengubah jalan raya LCK menjadi landas pacu pun bukan main-main. Selama 48 jam, 110 prajurit RSAF dibantu dengan Dinas Transportasi Singapura memindahkan 12 halte bis yang memang bisa dilepas pasang. Selain itu 153 tiang lampu penerangan, 14 lampu lalu-lintas, puluhan rambu-rambu jalan, marka-marka, dan separator di ruas jalan tersebut dilepas.
Sebagai gantinya, sejumlah peralatan seperti Mobile Arrestor Gear yaitu sling yang bertugas menangkap pesawat tempur yang mendarat sebelum bablas melewati batas dipasang. Penerangan disediakan oleh SPAL (Solar Portable Airfield Lights) yang ditenagai panel surya, serta penanda jarak PAPI (Precision Approach Path Indicator) untuk pilot yang hendak mendarat juga didirikan.
Karena F-15SG dan F-16 Block 52 RSAF bukanlah pesawat tempur yang didesain untuk lepas landas dan mendarat dari jalan raya, maka butuh upaya ekstra untuk membersihkan jalan raya tersebut dari kerikil terkecil untuk menghindarkan kerusakan pesawat tempur akibat FOD (Foreign Object Damage). Kendaraan penyapu jalan dan penghisap debu dari Tengah AFB pun dikirim untuk menyapu LCK.
Kendali untuk lepas landas dan pendaratan pesawat tempur dipegang oleh 205 Squadron yang merupakan skadron dengan spesialisasi kendali lalu lintas udara dan survei meteorologi.
Untuk mengatur pesawat tempur yang akan beroperasi dari LCK, maka MATC (Mobile Air Traffic Control) Tower pun dipindahkan ke LCK. MATC yang pernah dipinjamkan pada saat terjadi bencana tsunami Aceh 2005 ini memungkinkan operator ATC untuk memiliki visual yang baik atas jalan raya LCK karena bisa diangkat secara hidrolik sampai ketinggian 4 m.
Dengan persiapan yang sangat baik, pelaksanaan latihan Torrent 2016 pun berlangsung dengan sangat mulus. Selama empat hari, sebanyak 12 F-15SG dan F-16 berhasil melakukan sorti lepas landas dari jalan raya Lim Chu Kang dan Tengah AFB dengan muatan minim, hanya dengan rudal Sidewinder terpasang. Dengan afterburner menyala, jet-jet tempur canggih RSAF tersebut lepas landas dengan dihiasi kepulan debu, melesat ke angkasa, siap melindungi wilayah udara Singapura.
Menteri Pertahanan Singapura Dr Ng Eng Hen yang menyaksikan latihan tersebut pada hari Minggu menyatakan, “Singapura adalah negara kecil, kami harus melindungi wilayah udara kami, dan kemampuan ini untuk meluncurkan 12 pesawat tempur F16 dan F-15 untuk pertamakalinya dari jalan Lim Chu Kang. Ini menunjukkan bahwa kami dapat mengubah jalan raya menjadi landas pacu.” (Aryo Nugroho)
Sumber : http://angkasa.co.id/

Radar Acak