Radar Militer

Blog Berita Seputar Aktivitas Militer Terbaru

Agar Efektif, Gunakan Fitur Pencarian (Search) Untuk Mencari Berita di Radar Militer

TNI Jadikan Pulau Terluar ‘Kapal Induk’

Jenderal Gatot Nurmantyo
Jenderal Gatot Nurmantyo  

Untuk memperkuat pertahanan di wilayah terluar Indonesia, TNI bakal menambah pangkalan militer. Mereka berniat membangun pangkalan militer di beberapa pulau terluar seperti di Natuna (Kepulauan Riau), Morotai (Maluku Utara), dan Biak (Papua).
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyebutkan, pulau terluar itu nantinya akan dibuat serupa kapal induk. ”Seperti kapal induk tapi pulau,” ungkapnya usai agenda buka puasa bersama Panglima TNI dengan pimpinan media massa dan insan pers, di Jakarta Senin (12/6) malam.
Menurut Gatot, itu sesuai dengan kebijakan TNI yang sudah dia paparkan kepada Presiden Joko Widodo. Pulau-pulau terluar di Indonesia akan dimanfaatkan oleh TNI untuk pangkalan militer. ”Dibangun pangkalan militer terluar,” jelasnya. Semua pangkalan, sambung dia, ada di pulau terluar itu.
Gatot menyebutkan, contoh pangkalan militer di pulau terluar yang sudah mulai tampak adalah Natuna. ”Gampangnya lihat saja Natuna,” ujarnya. Pulau-pulau terluar lain akan dibangun serupa pulau tersebut. Belakangan Natuna memang menjadi salah satu lokasi penting bagi TNI. Beberapa kali mereka latihan di sana.
Misalnya latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) di Tanjung Datuk yang juga dihadiri oleh Presiden Jokowi. Selain itu, latihan Siaga Tempur Laut yang dilaksanakan oleh Komando Armada Republik Indonesia Kawaasan Barat (Koarmabar) sejak Kamis (18/5) sampai Senin (22/5). (syn/jpk/jpg)
Sumber : http://www.jawapos.com/read/2017/06/12/137124/tni-jadikan-pulau-terluar-kapal-induk
Bagikan :
+
0 Komentar untuk " TNI Jadikan Pulau Terluar ‘Kapal Induk’ "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top